Minggu, 20 November 2011

welcome my blog

Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Komputer Merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.
 
Input device

Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima inputan dari luar. Inputan bisa berupa data ataupun perintah.
Alat input antara lain meliputi:
Ø  Papan ketik (Keyboard);
Ø  Pointing Device  (Mouse, Touch Pad,Light Pen);
Ø  Scanner  (MICR);
Ø  Sensor (Digitizing Camera);
Ø  Voice Recognition (Microphone)
Ø  Video Recognition (Web Cam) 

keybord





Mouse




touchped

lightpen




scaner




Microphon


output

Output merupakan hasil dari pengolahan data masukan dari input. Output dari pengolahan tersebut antara lain berupa :
           Tulisan   C  Huruf, angka dan simbol
           Image     C  Gambar atau grafik
           Suara     C   Musik, lagu
Untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer. Sedangkan sound hasil ditampilka

monitor

Proyector
speaker










Printer
Ploter
Bagan 1

centralprocesing unit
Alat yang utama pada bagian process adalah CPU. CPU merupakan tempat pemorsesan data atau perintah yang dimasukkan dari input dan kemudian informasi yang dihasilkan dikeluarkan atau ditampilkan ke alat output.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU). CU bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer sedangkan ALU bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai dengan instruksi program.

Procesor intel x86

Prosesor amd
Procesor cyirik
Prosesor x core
Prosesor intel


Personal komputer

1.monitor
          Media input utama dari sebuah komputer
          Data atau perintah dimasukkan dengan menekan serangkaian tombol (huruf yang ada)
          Susunan huruf mirip mesin ketik manual ditambah dengan berbagai tombol seperti: enter; esc; arrow key; numerical keypad dan sebagainya.

2motherboad
          Merupakan tempat “bersatunya” seluruh komponen pada komputer.
          Input dan Output dihubungan dengan Prosess melalui IO Port.
          Masing-masing Motherboard memiliki konfigurasi tersendiri

3.prosesor
          Merupakan “Otak”dari sebuah komputer
          Bertugas mengatur seluruh proses kerja pada komputer
          Dibagi menjadi dua bagian umum
          CU (Control Unit)
          ALU (Arithmetic and Logic Unit)

4.ram
          Tempat penyimpanan sementara baik program maupun data.
          Bersifat “Volatile” tergantung pada arus listrik

5.expensio card
6.power suplay
          Sumber daya utama sebuah komputer
          Mengalirkan listrik ke seluruh komponen komputer
          Semakin banyak teknologi yang ditanam di PC kapasitas daya yang harus dihasilkan oleh PS harus semakin besar

7.optikal disk drive
8.hard disk
          Media penyimpanan yang utama dari sebuah komputer
          Menyimpan data maupun operating system dari komputer
          Kapasitas besar menurut hukum Moore
          Masih belum tergantikan oleh SSD (penyimpanan elektronik murni)
BAGIAN” HARD DISK
          Bagian-bagian hard disk:
        Magnetic disc
        Access Arm
        Read / Write Head


9.keyboard
          Media input utama dari sebuah komputer
          Data atau perintah dimasukkan dengan menekan serangkaian tombol (huruf yang ada)
          Susunan huruf mirip mesin ketik manual ditambah dengan berbagai tombol seperti: enter; esc; arrow key; numerical keypad dan sebagainya.

10.mouse
          Media input “Perintah” berbasis grafis.
          Bekerja dengan “klik”
          Tiap klik mewakili beberapa perintah jika harus diketikkan

IO PORT
          Media input “Perintah” berbasis grafis.
          Bekerja dengan “klik”
          Tiap klik mewakili beberapa perintah jika harus diketikkan
CONTOH IO PORT
TEKNOLOGI BUS
“Bus” adalah saluran untuk menghubungkan satu bagian komputer dengan bagian yang lain
q  System bus (data, instruction, control)
q  PCI (Peripheral Component Interconnect):menghubungkan board komponen peripheral dengan system bus
q  AGP (accelerated graphics port): bus khusus untuk grafis berkapasitas tinggi (mis: utk game, video)
q  USB (Universal Serial Bus): menjadi de-facto standard untuk menghubungkan komponen peripheral. USB menjadi pilihan menarik karena kemampuannya untuk “hot pluggable”
q  Firewire (IEEE 1394) bus: untuk menghubungkan peralatan audio/video
Media Penyimpanan merupakan peralatan fisik yang menyimpan representasi data.
Terbagi menjadi 2 golongan, yakni :
        Penyimpanan Primer : memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor
          kecepatan akses tinggi, kapasitas lebih kecil, dan berharga mahal (Internal Storage).
        Penyimpanan Sekunder : memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O
kecepatan akses rendah, kapasitas besar, dan berharga lebih murah (Eksternal Storage
PRIMERY STORGE
          Random Access Memory (RAM)
        volatile : dapat ditambah, diubah, dihapus pada keadaan ada arus listrik
          Read-only Memory (ROM)
        non-volatile : tidak dapat ditambah, diubah, dihapus
        ROM menyimpan perintah-perintah BIOS (Basic Input/Output System) yang diperlukan saat boot-up
          Cache
        Tempat penyimpanan untuk data / instruksi yang sering dibutuhkan CPU.

PUNCH CARD
        Dikembangkan pada tahun 1887 oleh Prof. Dr. Herman Hollerith.
        Pertama kali digunakan untuk memproses data sensus di Amerika tahun 1890.
        Kumpulan kartu plong disebut Deck.
        Deck dari kartu plong sejenis akan membentuk file.
        Kartu plong disebut sebagai sebuah unit record.

PAPER TAPE
        Merupakan lembaran kertas continous yang umumnya berukuran lebar 2,5 cm (1 inch) atau 7/8 inch.
        Karakter direkam dengan cara melubanginya, dengan menggunakan paper tape punch.
        Posisi pelubangan menggunakan kombinasi dari 5 baris lubang atau 8 baris lubang (channel).
        ERMA-4d-Paper-Tape-tape-in-hand

MAJIC TAPE
          Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23 juta karakter.
          Penyimpanan data pada tape adalah dengan cara sequential.
FLOPY DISK
          Ukuran: 5.25", 3.5"
          Bagian-bagian: cookie, serbuk logam
          Proses format : pembentukan sector (sector method). Timing hole : titik awal (sektor awal).
        soft sectored : secara software
        hard sectored : secara hardware
disket-2jenis

PLOPY DISK 2
          Permukaan rekam
        single side (SS)
        double side (DS)
          Cluster
        cluster = beberapa sector dalam satu track
        satuan terkecil jumlah blok data yang dibaca / ditulis
          Jika ukuran cluster 4 KB/cluster, maka data sebesar 5 KB memerlukan tempat sebesar 2 cluster
        standard cluster:
          FAT16 : 32KB/cluster
FAT32 : 4 KB/cluster
OPTIKAL DISK
          Media: optis. Data dibedakan berdasarkan
        pit, noda bakar cembung = bit 0
        land, tidak ada noda bakar = bit 1
          Varian:
        CD
        DVD
        HD DVD
Blu-Ra

optical_disk
COMPAC DISK
          Kecepatan : transfer rate = 1x = 150KB/second
          Write Once Read Many (WORM)
          Write Many, Read Many (WMRM)
          CD-R = CD Recordable
          CD-RW = CD ReWriteable
          CD-I = CD-Interactive

DVD
          Tranfer data pada DVD drive sekitar 1,4 MB/det
          Saat ini berkembang 4 format DVD, yaitu :
        Bersisi tunggal dengan lapisan tunggal (kapasitas 4,7 GB)
        Bersisi tunggal dengan lapisan ganda (kapasitas 8,5 GB)
        Bersisi ganda dengan lapisan tunggal (kapasitas 9,4 GB)
        Bersisi ganda dengan lapisan ganda (kapasitas 17 GB)
HD DVD
          Memiliki kapasitas penyimpanan  15GB sampai 30GB.
          Dikeluarkan oleh Thosiba
BLUE RAY DISK
          Memiliki kapasitas penyimpanan  20 GB sampai 50 GB.
          Dikeluarkan oleh Sony
          Kompresi video mutakhir
          Resolusi video hingga 1080p  di resolusi 1920 x 1080
          Transfer data berkecepatan tinggi  di 50 Mbps
Perlindungan anti-pembajakan yang lebih canggih
BLUE RAY DISK VS DVD


MMC SD MEMORY




FLASH DISK

FUNGSI PERANGKAT LUNAK
Merupakan program yang berisi instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara, sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.
PEKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
          Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
          Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
EVOLUSI PERANKAT LUNAK 1
Era Pioner
        Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer
        Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
        Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out.


EVOLUSI PERANGKAT LUNAK 2
Era Stabil
        Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
        Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
        Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking).
Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK 3
Era Mikro
        Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
        Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
          Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal
          Perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
        Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK 4
Era Modern
        Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
        Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.

KLASIFIKASI PERANKAT LUNAK 1
          SISTEM OPERASI
          PERANGKAT LUNAK BAHASA
          PROGRAM APLIKASI

KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK 2
        Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
        Perangkat Lunak Bahasa: merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
        Aplikasi : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility

SISTEM OPERASI
      Untuk mengendalikan prog kerja komputer secara mendasar.
Seperti :
          Mengatur media input
          Proses
          Output
          Mengatur memori
          Penjadwalan processor
    


 SISTEM OPERASI TEX MODE

SISTEM OPERASI GU

PERANGKAT LUNAK BAHASA 1
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yg ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima & dimengerti oleh komputer


PERANGKAT LUNAK BAHASA 2
          Bahasa Tingkat Rendah
          Bahasa Tingkat Menengah
          Bahasa Tingkat Tinggi
BAHASA TINGKAT RENDAH
Merupakan bahasa yang digunakan di dalam komputer itu sendiri (bil.biner → 1 & 0)
          Assembly Language
          RPG (Repeat Program General)
         


BAHASA TINGKAT MENENGAH

Bahasa dalam komputer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari-hari.

Program Fortran (Formula Translator)

BAHASA TINGKAT  TINGGI
Merupakan bahasa komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari
          Basic
          Cobol
          Pascal
PROGRAM APLIKASI
Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu
  1. Word Processing/Processor (Pengolah Kata)
  2. Program Database
  3. Program Spreadsheet
  4. Program CAD (Computer Aided Design)
  5. Program Layout Artikel (Publisher)
  6. Program Aplikasi Multimedia
  7. Program Aplikasi Internet
  8. Program Aplikasi Games

WORD PROCESING/PROSESOR
Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (text basic).
          Wordstar Profesional
          Word Perfect
          Chiwriter
          Microsoft Word
          Word Star


PROGRAM DATA BASE
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola data base.
          Dbase
          Foxpro
          Microsoft Acces


PROGRAM SPEARSEET
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.
          Lotus 123
          Microsoft Excel
          Quatro
Supercheck


PROGRAM CAD
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (alat lukis)
          Auto Cad
          Pro Design
          Corel Draw
          Adobe Photoshop

PROGRAM LAYOUT ARTIKEL
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/elektronik
          Page Maker
          Ventura
          Harvard Publisher
          Newmaster




APLIKASI MULTIMEDIA
   Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film

FORMAT FORMAT MULTIMEDIA
        MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
        MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
        MPEG (Moving Picture Experts Group)
        AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint
Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer


APLIKASI INTERNET
          Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan.
          Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client)

HTTP
   HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser.

WEB BROWSER

APLLIKASI E-MAIL
          E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet.
          Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express

MESSENGER
   Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalui teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam)

APLIKASI GAME
   Merupakan salah satu program aplikasi bertujuan untuk menghilangkan stress atau mengisi waktu luang
  1. WE
  2. Fifa
  3. F1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar