Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Komputer Merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Input device
Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima inputan dari luar. Inputan bisa berupa data ataupun perintah.
Alat input antara lain meliputi:
Ø Papan ketik (Keyboard);
Ø Pointing Device (Mouse, Touch Pad,Light Pen);
Ø Scanner (MICR);
Ø Sensor (Digitizing Camera);
Ø Voice Recognition (Microphone)
Ø Video Recognition (Web Cam)
keybord
Mouse
touchped
lightpen


scaner


Microphon


output
Output merupakan hasil dari pengolahan data masukan dari input. Output dari pengolahan tersebut antara lain berupa :
• Tulisan C Huruf, angka dan simbol
• Image C Gambar atau grafik
• Suara C Musik, lagu
Untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer. Sedangkan sound hasil ditampilka
monitor




Proyector

speaker


Printer


Ploter


Bagan 1
centralprocesing unit
Alat yang utama pada bagian process adalah CPU. CPU merupakan tempat pemorsesan data atau perintah yang dimasukkan dari input dan kemudian informasi yang dihasilkan dikeluarkan atau ditampilkan ke alat output.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU). CU bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer sedangkan ALU bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai dengan instruksi program.
Procesor intel x86


Prosesor amd


Procesor cyirik


Prosesor x core


Prosesor intel


Personal komputer

1.monitor
• Media input utama dari sebuah komputer
• Data atau perintah dimasukkan dengan menekan serangkaian tombol (huruf yang ada)
• Susunan huruf mirip mesin ketik manual ditambah dengan berbagai tombol seperti: enter; esc; arrow key; numerical keypad dan sebagainya.
2motherboad
• Merupakan tempat “bersatunya” seluruh komponen pada komputer.
• Input dan Output dihubungan dengan Prosess melalui IO Port.
• Masing-masing Motherboard memiliki konfigurasi tersendiri
3.prosesor
• Merupakan “Otak”dari sebuah komputer
• Bertugas mengatur seluruh proses kerja pada komputer
• Dibagi menjadi dua bagian umum
• CU (Control Unit)
• ALU (Arithmetic and Logic Unit)
4.ram
• Tempat penyimpanan sementara baik program maupun data.
• Bersifat “Volatile” tergantung pada arus listrik
5.expensio card
6.power suplay
• Sumber daya utama sebuah komputer
• Mengalirkan listrik ke seluruh komponen komputer
• Semakin banyak teknologi yang ditanam di PC kapasitas daya yang harus dihasilkan oleh PS harus semakin besar
7.optikal disk drive
8.hard disk
• Media penyimpanan yang utama dari sebuah komputer
• Menyimpan data maupun operating system dari komputer
• Kapasitas besar menurut hukum Moore
• Masih belum tergantikan oleh SSD (penyimpanan elektronik murni)
BAGIAN” HARD DISK
• Bagian-bagian hard disk:
– Magnetic disc
– Access Arm
– Read / Write Head

9.keyboard
• Media input utama dari sebuah komputer
• Data atau perintah dimasukkan dengan menekan serangkaian tombol (huruf yang ada)
• Susunan huruf mirip mesin ketik manual ditambah dengan berbagai tombol seperti: enter; esc; arrow key; numerical keypad dan sebagainya.
10.mouse
• Media input “Perintah” berbasis grafis.
• Bekerja dengan “klik”
• Tiap klik mewakili beberapa perintah jika harus diketikkan
IO PORT
• Media input “Perintah” berbasis grafis.
• Bekerja dengan “klik”
• Tiap klik mewakili beberapa perintah jika harus diketikkan
CONTOH IO PORT


TEKNOLOGI BUS
“Bus” adalah saluran untuk menghubungkan satu bagian komputer dengan bagian yang lain
q System bus (data, instruction, control)
q PCI (Peripheral Component Interconnect):menghubungkan board komponen peripheral dengan system bus
q AGP (accelerated graphics port): bus khusus untuk grafis berkapasitas tinggi (mis: utk game, video)
q USB (Universal Serial Bus): menjadi de-facto standard untuk menghubungkan komponen peripheral. USB menjadi pilihan menarik karena kemampuannya untuk “hot pluggable”
q Firewire (IEEE 1394) bus: untuk menghubungkan peralatan audio/video
Media Penyimpanan merupakan peralatan fisik yang menyimpan representasi data.
Terbagi menjadi 2 golongan, yakni :
– Penyimpanan Primer : memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor
• kecepatan akses tinggi, kapasitas lebih kecil, dan berharga mahal (Internal Storage).
– Penyimpanan Sekunder : memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O
kecepatan akses rendah, kapasitas besar, dan berharga lebih murah (Eksternal Storage
PRIMERY STORGE
• Random Access Memory (RAM)
– volatile : dapat ditambah, diubah, dihapus pada keadaan ada arus listrik
• Read-only Memory (ROM)
– non-volatile : tidak dapat ditambah, diubah, dihapus
– ROM menyimpan perintah-perintah BIOS (Basic Input/Output System) yang diperlukan saat boot-up
• Cache
– Tempat penyimpanan untuk data / instruksi yang sering dibutuhkan CPU.
PUNCH CARD
– Dikembangkan pada tahun 1887 oleh Prof. Dr. Herman Hollerith.
– Pertama kali digunakan untuk memproses data sensus di Amerika tahun 1890.
– Kumpulan kartu plong disebut Deck.
– Deck dari kartu plong sejenis akan membentuk file.
– Kartu plong disebut sebagai sebuah unit record.
PAPER TAPE
– Merupakan lembaran kertas continous yang umumnya berukuran lebar 2,5 cm (1 inch) atau 7/8 inch.
– Karakter direkam dengan cara melubanginya, dengan menggunakan paper tape punch.
– Posisi pelubangan menggunakan kombinasi dari 5 baris lubang atau 8 baris lubang (channel).
– 



MAJIC TAPE
• Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23 juta karakter.
• Penyimpanan data pada tape adalah dengan cara sequential.


FLOPY DISK
• Ukuran: 5.25", 3.5"
• Bagian-bagian: cookie, serbuk logam
• Proses format : pembentukan sector (sector method). Timing hole : titik awal (sektor awal).
– soft sectored : secara software
– hard sectored : secara hardware


PLOPY DISK 2
• Permukaan rekam
– single side (SS)
– double side (DS)
• Cluster
– cluster = beberapa sector dalam satu track
– satuan terkecil jumlah blok data yang dibaca / ditulis
• Jika ukuran cluster 4 KB/cluster, maka data sebesar 5 KB memerlukan tempat sebesar 2 cluster
– standard cluster:
• FAT16 : 32KB/cluster
FAT32 : 4 KB/cluster

OPTIKAL DISK
• Media: optis. Data dibedakan berdasarkan
– pit, noda bakar cembung = bit 0
– land, tidak ada noda bakar = bit 1
• Varian:
– CD
– DVD
– HD DVD
Blu-Ra

COMPAC DISK
• Kecepatan : transfer rate = 1x = 150KB/second
• Write Once Read Many (WORM)
• Write Many, Read Many (WMRM)
• CD-R = CD Recordable
• CD-RW = CD ReWriteable
• CD-I = CD-Interactive

DVD
• Tranfer data pada DVD drive sekitar 1,4 MB/det
• Saat ini berkembang 4 format DVD, yaitu :
– Bersisi tunggal dengan lapisan tunggal (kapasitas 4,7 GB)
– Bersisi tunggal dengan lapisan ganda (kapasitas 8,5 GB)
– Bersisi ganda dengan lapisan tunggal (kapasitas 9,4 GB)
– Bersisi ganda dengan lapisan ganda (kapasitas 17 GB)
HD DVD
• Memiliki kapasitas penyimpanan 15GB sampai 30GB.
• Dikeluarkan oleh Thosiba

BLUE RAY DISK
• Memiliki kapasitas penyimpanan 20 GB sampai 50 GB.
• Dikeluarkan oleh Sony
• Kompresi video mutakhir
• Resolusi video hingga 1080p di resolusi 1920 x 1080
• Transfer data berkecepatan tinggi di 50 Mbps
Perlindungan anti-pembajakan yang lebih canggih

BLUE RAY DISK VS DVD


MMC SD MEMORY

FLASH DISK

FUNGSI PERANGKAT LUNAK
Merupakan program yang berisi instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara, sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.
PEKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
• Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
• Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
EVOLUSI PERANKAT LUNAK 1
Era Pioner
– Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer
– Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
– Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK 2
Era Stabil
– Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
– Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
– Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking).
Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK 3
Era Mikro
– Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
– Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
• Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal
• Perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
– Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK 4
Era Modern
– Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
– Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.
KLASIFIKASI PERANKAT LUNAK 1
• SISTEM OPERASI
• PERANGKAT LUNAK BAHASA
• PROGRAM APLIKASI
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK 2
– Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
– Perangkat Lunak Bahasa: merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
– Aplikasi : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
SISTEM OPERASI
Untuk mengendalikan prog kerja komputer secara mendasar.
Seperti :
• Mengatur media input
• Proses
• Output
• Mengatur memori
• Penjadwalan processor
SISTEM OPERASI TEX MODE

SISTEM OPERASI GU

PERANGKAT LUNAK BAHASA 1
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yg ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima & dimengerti oleh komputer
PERANGKAT LUNAK BAHASA 2
• Bahasa Tingkat Rendah
• Bahasa Tingkat Menengah
• Bahasa Tingkat Tinggi
BAHASA TINGKAT RENDAH
Merupakan bahasa yang digunakan di dalam komputer itu sendiri (bil.biner → 1 & 0)
• Assembly Language
• RPG (Repeat Program General)
• 





BAHASA TINGKAT MENENGAH
Bahasa dalam komputer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari-hari.
Program Fortran (Formula Translator)


BAHASA TINGKAT TINGGI
Merupakan bahasa komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari
• Basic
• Cobol
• Pascal
PROGRAM APLIKASI
Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu
- Word Processing/Processor (Pengolah Kata)
- Program Database
- Program Spreadsheet
- Program CAD (Computer Aided Design)
- Program Layout Artikel (Publisher)
- Program Aplikasi Multimedia
- Program Aplikasi Internet
- Program Aplikasi Games
WORD PROCESING/PROSESOR
Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (text basic).
• Wordstar Profesional
• Word Perfect
• Chiwriter
• Microsoft Word
• Word Star

PROGRAM DATA BASE
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola data base.
• Dbase
• Foxpro
• Microsoft Acces

PROGRAM SPEARSEET
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.
• Lotus 123
• Microsoft Excel
• Quatro
Supercheck

PROGRAM CAD
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (alat lukis)
• Auto Cad
• Pro Design
• Corel Draw
• Adobe Photoshop
PROGRAM LAYOUT ARTIKEL
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/elektronik
• Page Maker
• Ventura
• Harvard Publisher
• Newmaster
APLIKASI MULTIMEDIA
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film

FORMAT FORMAT MULTIMEDIA
– MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
– MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
– MPEG (Moving Picture Experts Group)
– AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint
Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer
APLIKASI INTERNET
• Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan.
• Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client)
HTTP
HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser.
WEB BROWSER

APLLIKASI E-MAIL

• E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet.
• Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express
MESSENGER
Messenger di gunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalui teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam)

APLIKASI GAME
Merupakan salah satu program aplikasi bertujuan untuk menghilangkan stress atau mengisi waktu luang
- WE
- Fifa
- F1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar